Free Premium Wordpress ThemesSmall Business Web DesignIsland VacationsFree Web DirectoryOnline Shopping Philippines
Result dan Review Kunjungan Industri Prodi Teknik Industri Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), 22 November 2011, ke Panasonic Indonesia (PT Panasonic Electric Works Gobel Manufacturing Indonesia)

Result dan Review Kunjungan Industri Prodi Teknik Industri Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), 22 November 2011, ke Panasonic Indonesia (PT Panasonic Electric Works Gobel Manufacturing Indonesia)

 

 

Panasonic

Ideas for life

Pada tanggal 22 November 2011, Prodi Teknik Industri Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) dan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) UNIKOM telah menyelenggarakan Kunjungan Industri ke Panasonic Indonesia atau nama lengkap perusahaannya yaitu PT Panasonic Electric Works Gobel Manufacturing Indonesia yang berlokasi di Kawasan Industri EJIP (East Jakarta Industrial Park), Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Kunjugan Industri ini merupakan kegiatan rutin tahunan dari Prodi Teknik Industri dan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) UNIKOM. Dimana tujuan dari Kunjungan Industri ini adalah mahasiswa akan dikenalkan dengan kondisi lapangan dan dunia Industri secara real itu bagaimana, contohnya mulai dari diperlihatkan bagaimana manufacturing process itu berjalan dari mulai bahan atau material mentah  menjadi sebuah barang jadi (Finish Goods) dan lain-lain.

Inilah result, review serta dokumentasi dari Kunjungan Industri yang telah diselenggarakan:

1. Perjalanan dan kegiatan dimulai dari Kampus UNIKOM pada hari Selasa 22 November 2011 pukul 04.30 WIB menuju perusahaan dengan jumlah 2 armada bus.

2. Tepat jam 08.30 WIB rombongan Kunjungan Industri sampai di  PT Panasonic Electric Works Gobel Manufacturing Indonesia.

3. Setelah armada bus rombongan sampai di parking area, kemudian semua rombongan turun dari armada bus untuk melakukan persiapan dan pembagian kelompok sebelum memasuki perusahaan.

4. Rombongan memasuki lobby perusahaan dan di arahkan oleh pihak perusahaan ke ruang seminar.

5. Setelah semua rombongan memasuki ruang seminar, kemudian acara seminar dari pihak perusahaan pun dimulai. Dan acara pun dimulai dengan sambutan dari Humas perusahaan, dan dilanjutkan dengan pengarahan dari kepala bagian departemen K3 tentang Safety Talk K3 dan tanggap kondisi emergency apabila terjadi kebakaran dan gempa bumi secara tiba-tiba di perusahaan.

6. Kemudian acara selanjutnya adalah sambutan dari General Manager perusahaan tentang profil, sejarah perusahaan serta tentang management vision dari perusahaan Panasonic. Dimana salah satu target utama dari perusahaan ini adalah menjadi produsen elektronik terbesar di dunia dengan kualitas terbaik dan ramah lingkungan (eco ideas). Dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Prodi Teknik Industri UNIKOM yang menjadi pimpinan perwakilan dari rombongan kunjungan industri ini.

7. Setelah seminar dilaksanakan, maka rombongan yang sudah dibagi ke dalam 3 kelompok dipersilahkan dan dipandu oleh pihak perusahaan  untuk langsung melakukan tour ke factory perusahaan, dimana ini adalah inti dari acara kunjungan industri. Pertama rombongan melakukan tour ke factory 2 yaitu ke departemen bagian Lighting Fixture. Disana rombongan di pandu untuk langsung melihat dan menganalisis bagaimana proses assembling dari produk perusahaan baik itu untuk tujuan pasar lokal maupun internasional (ekspor). Diantaranya dikenalkan proses assembling produk Pre-Assy, CFL Down Light, Holder Type, Interior DL, Minicry DL, Silica DL, Panaball DL, dan lain-lain. Kemudian di departemen ini juga dijelaskan dan dikenalkan tentang proses logam (metal) dan proses auto spinning untuk pembuatan produk di departemen bagian Lighting Fixture. Selanjutnya dilanjutkan ke factory 3 yaitu di departemen bagian Wiring Devices, dimana di departemen ini merupakan Moulding Area. Diantaranya dikenalkan dengan proses compress moulding, Area Box, Assy Store, Wiring Devices, Land Production, Packing, QC (Quality Control) dan lain-lain. Dan yang terakhir yaitu kembali ke factory 2 lantai 2 yaitu departemen bagian Electronic Ballast. Dimana di departemen ini dikenalkan dengan proses aksial part, radial part, assembling, quality test, sampai packing dari produk unggulan Electronic Ballast ini menjadi finish goods (barang jadi). Diantaranya dikenalkan dengan proses aksial insert, radial insert, Mounting insert, Manual insert dan lain-lain.

8. Setelah melaksanakan kegiatan tour ini kurang lebih selama 1 jam, kemudian rombongan dipersilahkan untuk memasuki ruang seminar kembali untuk melakukan prosesi tanya jawab kepada pihak perusahaan. Lalu setelah prosesi tanya jawab selesai, kemudian dilanjutkan dengan serah terima tanda terimakasih dari perusahaan begitu pun sebaliknya.

9. Acara pun selesai dan diakhiri dengan pengambilan dokumentasi seluruh rombongan dan pihak perusahaan. Setelah itu rombongan pun meninggalkan perusahaan dengan armada bus nya, dan kemudian dilanjutkan ke jakarta untuk menghadiri undangan di salah satu acara Trans 7.

Semoga selepas kegiatan Kunjungan Industri ini, para peserta dapat memperoleh gambaran bagaimana kondisi real industri di lapangan, sehingga dapat mengaplikasikan disiplin keilmuan Teknik Industri yang didapatkannya di bangku kuliah pada dunia nyata, khususnya untuk kemajuan dunia industri.

Inilah dokumentasi Kunjungan Industri dari awal kegiatan sampai akhir kegiatan berkunjung ke perusahaan. Mohon maaf apabila salah satu dokumentasi tidak lengkap (diantaranya: foto saat tour ke factory perusahaan) dikarenakan hak privacy dari pihak yang bersangkutan untuk tidak mengambil foto, dan lain-lain.

Sumber: Ahlannet99